Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SDN 4 Cakranegara
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : (Satu)/2 (Dua)
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (3
A.
Standar
Kompetensi
1.
IPA
|
: 5. Mengenal berbagai benda langit dan
peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
|
2.
|
:
4.
|
B.
Kompetensi
Dasar
1.
IPA
|
: 5.1. Mengenal berbagai benda langit melalui
pengamatan
|
2.
|
:
4. 4.
|
C.
Indikator
a. Bahasa
Indonesia
Ø Membaca puisi anak dengan lafal
dan intonasi yang benar
Ø Membaca puisi dengan ekspresi serta gerak dan mimik yang sesuai.
b. Matematika
Ø Menjumlah 2 bilangan 2 angka dengan cara
mendatar
Ø Menjumlahkan
2 bilangan 2 angka dengan cara bersusun pendek
Ø Menyelesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan.
D.
Tujuan
a. Bahasa
Indonesia
Ø Dengan dibimbing
guru, siswa dapat membaca puisi /syair lagu dengan lafal dan
intonasi yang benar dan indah
Ø Siswa
dapat mendeklamasikan
puisi dengan ekspresi serta gerak dan mimik yang sesuai.
b. Matematika
Ø Siswa
dapat menjumlah 2 bilangan
2 angka dengan cara mendatar
Ø Menjumlahkan
2 bilangan 2 angka dengan cara bersusun pendek
Ø Siswa
dapat menyelesaikan soal
cerita yang mengandung penjumlahan.
E.
Materi
Pembelajaran
Puisi
dan penjumlahan dua bilangan
F.
Model/metode
pembelajaran
Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Pengelolaan
Kelas dan apersepsi
·
Berdoa dan mengecek kehadiran siswa
·
Memberikan motivasi pada peserta didik agar siap menerima
pembelajaran
·
Melakukan perkenalan dengan siswa
·
Menginformasikan materi yang akan dipelajari
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari itu
·
Mengingatkan kembali siswa tentang materi yang dipelajari pada pembelajaran
sebelumnya.
|
10
menit
|
Inti
|
Eksplorasi
·
Siswa memperhatikan puisi anak-anak yang dibacakan
guru.
·
Siswa membaca puisi dengan bimbingan guru.
·
Guru melakukan tanya jawab terkait puisi yang
dibacakan.
·
Mendeklamasikan puisi tersebut secara individual
dengan intonasi dan lafal yang baik.
·
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang baik, melalui gaya dan mimik yang
wajar.
·
Siswa diminta untuk menghitung jumlah baris dalam
puisi yang dibacakan guru
·
Siswa diminta untuk menghitung jumlah kata dalam
puisi
·
Dengan bimbingan guru, siswa menuliskan bilangan
sesuai dengan jumlah kata dalam puisi dan menjumlahkannya dengan bersusun
pedek.
Elaborasi
·
Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok
·
Guru membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) kepada
setiap kelompok
·
Guru memberikan petunjuk terkait pengerjaan LKS
·
Guru membimbing setiap kelompok yang mengalami
kesulitan saat pengerjaan LKS.
Konfirmasi
·
Masing-masing kelompok mengumpulkan LKS yang telah dikerjakan
·
Guru melakukan tanya jawab terkait LKS yang dikerjakan
siswa
|
50 menit
|
Penutup
|
·
Guru bersama siswa bersama-sama
menyimpulkan materi pelajaran.
·
Guru memberikan Perkerjaan Rumah
(PR) kepada siswa terkait dengan materi yang telah disampaikan.
·
Berdoa bersama.
|
![]() |
H.
Sumber
Belajar
Ø Buku
Sekolah Elektronik (BSE) Matematika untuk SD Kelas I (Gjaelani dan
Haryono:2008). Jakarta. Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Ø Buku
Sekolah Elektronik (BSE) Belajar Bahasa Indonesia itu Menyenangkan (Ismail
Kusmayadi, dkk :2008). Jakarta.
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Ø Lembar
Kerja Siswa (LKS)
I.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
Teknik
Penilaian
Penilaian
Sikap : Non Tes
(Percaya Diri dan Bekerjasama).
Penilaian
Psikomotor :
Kemampuan membaca
puisi
Penilaian
Pengetahuan : Tes (Hasil Diskusi)
Instrumen
Penilaian
Penilaian
Sikap : Terlampir
Penilaian
Psikomotorik : Terlampir
Penilaian
Pengetahuan : Terlampir
Cakranegara, Februari 2016
Guru Kelas /Guru Pamong
Siti Nurhayati
NIP: 196112311982032278
|
|
Mahasiswa PPL
Nurhayati
NIM:
E1E 012 061
|
|
Mengetahui;
|
|
Dosen Pembimbing
Dr. H. A. Hari Witono, M.Pd.
NIP:
|
|
Kepala Sekolah
SDN 4 Cakranegara
Drs. H.Sahrul Aini
NIP: 19671008198605 1 001
|
|
|
|
Lampiran-lampiran
1. Penialaian pengetahuan ( hasil diskusi
)
Jawaban
benar skor = 50
2. Penilaian sikap saat diskusi
kelompok
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Keberanian
|
* Bekerjasama saat diskusi kelompok
* Kadang-kadang kerjasama
* Tidak bekerjasama
* Berani berpendapat
* Kadang-kadang berpendapat
* Tidak pernah berpendapat
|
4
2
1
4
2
1
|
Instrumen
Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Keberaian
berpendapat
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
Instrumen
Penilaian Psikomotorik
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
|||||||||||
Berdiri
tegak menghadap teman yang lain
|
Ekspresi
dan mimik wajah sesuai dengan isi puisi
|
Membaca
puisi dengan suara lantang dan jelas
|
|||||||||||
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
(4) = Bila
aspek tersebut dilakukan dengan benar dan cepat
(3) = Bila
aspek tersebut dilakaukan dengan benar tapi lama
(2) = Bila
aspek tersebut dilakukan selesai tetapi salah
(1) = Bila
dilakukan tapi tidak selesai
(0) = Bila
tidak ada usaha
CATATAN :

Lembar
Kerja Siswa (LKS)
![]()
1.
......................................
2.
......................................
3.
......................................
4.
......................................
5.
......................................
|
1. Diskusikan
dengan anggota kelompokmu !
Taman
Bungaku
Taman bungaku
Bila kupandang Hatiku senang Tamanku yang cantik Sangatlah menarik |
Bunga Mawar
Bunga mawarku
kau kini mekar Sangat indah rupamu Batangmu berduri-duri Saat kupetik kau menusuk tanganku Tapi aku tak marah Karena kau harum merekah |
Hitunglah berapa jumlah
kata dalam setiap baris puisi dan tulislah pada kolom dibawah ini !

2. Ari
mempunyai kelereng 14 butir. Ia diberi oleh kakaknya 11 butir. Jumlah kelereng
Ari sekarang adalah........

Tidak ada komentar:
Posting Komentar