Sabtu, 27 Februari 2016

RPP TEMATIK SD KELAS 1 SEMESTER II



Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah             : SDN 4 Cakranegara
Tema                           : Lingkungan
Kelas/Semester            : (Satu)/2 (Dua)
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (3
x 35 menit)

A.    Standar Kompetensi
1.      IPA
:  5. Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
2.       
: 4.
B.     Kompetensi Dasar
1.      IPA
:  5.1. Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan
2.       
: 4. 4.
C.    Indikator
a.    Bahasa Indonesia
Ø Membaca puisi anak dengan lafal dan intonasi yang benar
Ø Membaca puisi dengan ekspresi serta gerak dan mimik yang sesuai.

b.    Matematika
Ø Menjumlah 2 bilangan 2 angka dengan cara mendatar
Ø Menjumlahkan 2 bilangan 2 angka dengan cara bersusun pendek
Ø Menyelesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan.

D.    Tujuan
a.    Bahasa Indonesia
Ø Dengan dibimbing guru, siswa dapat membaca puisi /syair lagu dengan lafal dan intonasi  yang benar dan indah
Ø Siswa dapat mendeklamasikan puisi dengan ekspresi serta gerak dan mimik yang sesuai.
b.    Matematika
Ø Siswa dapat menjumlah 2 bilangan 2 angka  dengan cara mendatar
Ø Menjumlahkan 2 bilangan 2 angka dengan cara bersusun pendek
Ø Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan.

E.     Materi Pembelajaran
Puisi dan penjumlahan dua bilangan


F.     Model/metode pembelajaran
Metode            : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Pengelolaan Kelas dan apersepsi
·         Berdoa dan mengecek kehadiran siswa
·         Memberikan motivasi pada  peserta didik agar siap menerima pembelajaran
·         Melakukan perkenalan dengan siswa
·         Menginformasikan materi yang akan dipelajari
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari itu
·         Mengingatkan kembali siswa tentang materi yang dipelajari pada pembelajaran sebelumnya.
10 menit
Inti 
Eksplorasi
·      Siswa memperhatikan puisi anak-anak yang dibacakan guru.
·      Siswa membaca puisi dengan bimbingan guru.
·      Guru melakukan tanya jawab terkait puisi yang dibacakan.
·      Mendeklamasikan puisi tersebut secara individual dengan intonasi dan lafal yang baik.
·      Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi  yang baik, melalui gaya dan mimik yang wajar.
·      Siswa diminta untuk menghitung jumlah baris dalam puisi yang dibacakan guru
·      Siswa diminta untuk menghitung jumlah kata dalam puisi
·      Dengan bimbingan guru, siswa menuliskan bilangan sesuai dengan jumlah kata dalam puisi dan menjumlahkannya dengan bersusun pedek.

Elaborasi
·      Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok
·      Guru membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) kepada setiap kelompok
·      Guru memberikan petunjuk terkait pengerjaan LKS
·      Guru membimbing setiap kelompok yang mengalami kesulitan saat pengerjaan LKS.

Konfirmasi
·      Masing-masing kelompok  mengumpulkan LKS yang telah dikerjakan
·      Guru melakukan tanya jawab terkait LKS yang dikerjakan siswa
50 menit
Penutup
·         Guru bersama siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran.
·         Guru memberikan Perkerjaan Rumah (PR) kepada siswa terkait dengan materi yang telah disampaikan.
·         Berdoa bersama.
10 menit

H.    Sumber Belajar
Ø Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika untuk SD Kelas I (Gjaelani dan Haryono:2008). Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Ø Buku Sekolah Elektronik (BSE) Belajar Bahasa Indonesia itu Menyenangkan (Ismail Kusmayadi, dkk :2008). Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Ø Lembar Kerja Siswa (LKS)

I.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Teknik Penilaian
Penilaian Sikap                       : Non Tes (Percaya Diri dan Bekerjasama).
Penilaian Psikomotor             : Kemampuan  membaca puisi
Penilaian Pengetahuan           : Tes (Hasil Diskusi)
Instrumen Penilaian
Penilaian Sikap                       : Terlampir
Penilaian Psikomotorik          : Terlampir
Penilaian Pengetahuan           : Terlampir

Cakranegara,     Februari 2016
Guru Kelas /Guru Pamong



Siti Nurhayati
NIP: 196112311982032278


Mahasiswa PPL

Nurhayati
NIM: E1E 012 061


Mengetahui;

Dosen Pembimbing




Dr. H. A. Hari Witono, M.Pd.
NIP:



Kepala Sekolah
SDN 4 Cakranegara



Drs. H.Sahrul Aini
NIP: 19671008198605 1 001



Lampiran-lampiran

1.      Penialaian pengetahuan ( hasil diskusi )
Jawaban benar skor = 50

2.      Penilaian sikap saat diskusi kelompok
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.
Kerjasama


Keberanian
* Bekerjasama saat diskusi kelompok
* Kadang-kadang kerjasama
* Tidak bekerjasama
* Berani berpendapat
* Kadang-kadang berpendapat
* Tidak pernah berpendapat
4
2
1
4
2
1

    Instrumen  Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Keberaian berpendapat
1






2






3






4






5






6






 Instrumen Penilaian Psikomotorik
No
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Berdiri tegak menghadap teman yang lain
Ekspresi dan mimik wajah sesuai dengan isi puisi
Membaca puisi dengan suara lantang dan jelas


4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
















































































































Keterangan :
(4) = Bila aspek tersebut dilakukan dengan benar dan cepat
(3) = Bila aspek tersebut dilakaukan dengan benar tapi lama
(2) = Bila aspek tersebut dilakukan selesai tetapi salah
(1) = Bila dilakukan tapi tidak selesai
(0) = Bila tidak ada usaha
 
CATATAN :
 



















Lembar Kerja Siswa (LKS)
Cloud Callout: NILAI : Nama Anggota Kelompok
1.      ......................................
2.      ......................................
3.      ......................................
4.      ......................................
5.      ......................................


1.      Diskusikan dengan anggota kelompokmu !
Taman Bungaku
Taman bungaku
Bila kupandang
Hatiku senang
Tamanku yang cantik
Sangatlah menarik


Bunga Mawar
Bunga mawarku
kau kini  mekar
Sangat indah rupamu
Batangmu berduri-duri
Saat kupetik kau menusuk tanganku
Tapi aku tak marah
Karena kau harum merekah


Hitunglah berapa jumlah kata dalam setiap baris puisi dan tulislah pada kolom dibawah ini !
2.     Ari mempunyai kelereng 14 butir. Ia diberi oleh kakaknya 11 butir. Jumlah kelereng Ari sekarang adalah........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar